Ideas Sport

Mencintai olahraga tradisi

REPORTED BY: Dhuha Hadiansyah

Mencintai olahraga tradisi Pembukaan pekan olahraga tradisional oleh PLT Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah hari ini (10/11/2017).

Pekan olahraga tradisional yang diadakan di Bengkulu resmi di buka hari ini (10/10/2017), yang dipusatkan di Pusat Olahraga Pantai Panjang.

Pembukaan pekan olahraga tradisional ini dilakukan langsung oleh PLT Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah didampingi Kadispora Bengkulu Achmad Meri Sasdi Jantan. Pembukaan ditandai dengan pemukulan Dol, alat musik tradisional Bengkulu.

Rohidin dalam sambutannya menyatakan bahwa kepercayaan terhadap Bengkulu untuk menjadi tuan rumah Pekan olahraga tradisional ke-5 ini adalah sebuah bentuk kehormatan.

“Kegiatan olahraga tradisional tidak hanya semata dalam olahraga dalam artian fisik namum terkandung juga pesan moral yang luar biasa dalam kegiatan ini. Sesuai tema acara, kita dituntut untuk Indonesia jaya, untuk Bengkulu jaya yang kita bangun atas dasar keberagaman seperti olahraga tradisional ini, dan bagaimana kita membangun kebersamaan melalui lomba yang kita pertandingkan ini,” katanya dalam pidato singkatnya.

Sementara itu Deputi Pemerdayaan olahraga Kemenpora Raden Isnanta mengatakan Pekan Olahraga Tradisional ini dapat menumbuhkan kecintaan masyarakat terhadap olahraga lokal hasil karya anak bangsa.

“Kita selalu berupa untuk mengenalkan olahraga tradisional dengan berbagai inovasi, salah satunya dengan digital. Kita juga berharap ke depannya olahraga tradisional juga bisa tampil di ajang internasional dan bisa masuk ke olimpiade dan menjadi salah satu andalan seperti cabang-cabang olahraga lainnya,” katanya.

500 atlet berlaga

Sebanyak 500 atlet dari berbagai provinsi di Tanah Air akan berlaga dalam Pekan Olahraga Tradisional Tingkat Nasional V di Kota Bengkulu, yang berlangsung hingga 12 Oktober 2017 itu.

"Peserta dan tim pendamping yang sudah tiba di Bengkulu sebanyak 500 orang," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Bengkulu Meri Sasdi di Bengkulu, kemarin.

Saat menyampaikan laporan dalam pembukaan Pekan Olahraga Tradisional Tingkat Nasional V, Meri mengatakan peserta antara lain berasal dari Bengkulu, Kalimantan Timur, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Nusa Tenggara Timur, Daerah Istimewa Yogyakarta, DKI Jakarta, Jawa Barat dan Kabupaten Batang Hari, Provinsi Jambi.

Sekretaris Deputi Pembudayaan Olahraga Kemenpora Bambang Laksono mengatakan pekan olahraga tradisional tersebut bertujuan melestarikan olahraga tradisional yang ada di Nusantara.

"Olahraga tradisional ini bisa naik peringkat menjadi olahraga prestasi seperti pencak silat dan takraw," kata Bambang.

Oleh karena itu, ia mengajak seluruh masyarakat untuk melestarikan olahraga tradisional yang memiliki unsur melatih fisik, kekompakan dan menghibur.

Terdapat 11 cabang permainan yang diperlombakan di Pantai Panjang yang terletak di Jalan Pariwisata, Lempuing, Ratu Agung, Kota Bengkulu, antara lain: Terompah Panjang, Dagongan, Engrang, Hadang, Tarik Tambang, Gebuk Bantal, Lari Balok, Patok Lele, Benteng, Sumpitan, dan Gasing.

Tol Solo-Ngawi diresmikan, Jokowi: pembuka jalur merak-banyuwangi
Sederet fakta Wakil Ketua Komisi VII DPR Eni Maulani Saragih tersandung kasus korupsi
Mencari advocat berkualitas, puluhan perwira Polri ikut bersaing
Mengenal sindrom Peter Pan
Selain tunjangan kinerja, kesejahteraan TNI - Polri perlu diperhatikan
Bacaleg PKS banyak mundur, begini tanggapan Fahri Hamzah
Fokus jadi Mensos, Idrus Marham tak nyaleg
Keluarga sebagai sumber sakit mental dan emosional
Traveling sendirian?  Siapa takut!
Fahri Hamzah sebut poros ketiga berpotensi jadi pemenang Pilpres 2019
Alasan warga perbatasan pilih elpiji Malaysia
Gerindra yakin Prabowo berpeluang besar kalahkan Jokowi
Jokowi ingin cawapres yang mampu dongkrak elektabilitasnya
Izin khusus untuk Freeport akan lebih untungkan Indonesia daripada kontrak karya
Toleransi beragama jelang pemilu harus dikedepankan
Fetching news ...