Armada Rusia incar kapal perusak AS di Laut Hitam

REPORTED BY: Insan Praditya

Armada Rusia incar kapal perusak AS di Laut Hitam Armada perang laut Rusia

Armada Laut Hitam Rusia saat ini tengah mengincar dan mengawasi kapal perusak bersenjata rudal Amerika Serikat (AS) yang tiba di Laut Hitam pada Sabtu kemarin. Demikian pernyataan yang dikeluarkan pusat kendali pertahanan Rusia.

"Pasukan Armada Laut Hitam mulai mengikuti kapal perusak berpeluru kendali USS Donald Cook setelah memasuki Laut Hitam," bunyi pernyataan itu dari Sputnik, Minggu (20/01/2019).

Pernyataan itu menambahkan kapal perusak bersenjata rudal AS itu sedang dibayangi oleh kapal fregat Pytlivy Rusia dan terlacak menggunakan kemampuan pengawasan elektronik dan teknis.

Komandan Armada ke-6 Amerika Serikat, Wakil Laksamana Lisa Franchetti, mencatat bahwa kapal perang Rusia telah "profesional" dalam interaksi mereka dengan kapal-kapal Angkatan Laut AS selama setahun terakhir selama pertemuan di Laut Baltik, Hitam dan Mediterania.

"Saya sudah berada di sini sekitar sepuluh bulan sekarang, dan kami mendapatkan kesempatan untuk melihat mereka beroperasi di Baltik, Laut Tengah, Laut Hitam. Secara umum, semua interaksi itu bersifat profesional," kata Franchetti dalam sebuah wawancara yang diterbitkan awal pekan ini.

"Kami beroperasi di perairan internasional. Rusia beroperasi di perairan internasional. Harapan saya terhadap pasukan saya dan pasukan Rusia adalah bahwa mereka akan aman dan profesional," kata Franchetti. 

"Semua angkatan laut memiliki hak dan tanggung jawab untuk bertindak secara profesional di laut," Franchetti menambahkan.

Amerika Serikat terus meningkatkan kehadirannya di wilayah Laut Hitam selama setahun terakhir, dengan latihan militer untuk blok keamanan ini yang diadakan di perairan Laut Hitam. Kapal perang AS juga sering memasuki daerah itu. 

Pihak berwenang Rusia telah berulang kali mengeluarkan pernyataan keras terkait tindakan NATO sebagai tindakan provokatif. Rusia menyatakan bahwa bahwa mereka mengancam peningkatan risiko militer di wilayah tersebut.

Pidato Prabowo disebut klise, BPN samakan Prabowo dengan Bung Karno
Amerika Serikat rugi Rp38 triliun
Sempat ditolak, Prabowo akhirnya shalat jumat
Kedengkian terhadap mantan picu impotensi
TKN: Jokowi sudah persiapkan jurus hadapi debat kedua
PSI minta kubu Prabowo klarifikasi soal tudingan Jokowi pakai konsultan asing
Kubu Jokowi nilai Prabowo cari panggung
TKN nilai tak masalah menteri bantu Jokowi susun materi debat
Simulasi Prabowo menang di 12 daerah dinilai hanya kipasan angin surga
Aktivis lingkungan nilai Jokowi komitmen kelola SDA untuk rakyat
Gubernur Enembe tak bersalah, warga Papua desak KPK minta maaf
PSI nilai manuver politik oposisi soal tudingan konsultan asing terlalu bodoh
Kubu Jokowi: Kemenangan di Jawa Barat jadi barometer suara nasional
 Tuduh pakai konsultan asing, PSI tuding oposisi yang sengaja hancurkan citra Jokowi
Prabowo sebut harga beras dan daging RI tertinggi, Kubu Jokowi: Jangan bohong lagi!
Fetching news ...