News Travel

Nikmatnya santap tahu halal sambil belajar di Pabrik Tahu Yun Yi

REPORTED BY: Siti Dzakiyyah

Nikmatnya santap tahu halal sambil belajar di Pabrik Tahu Yun Yi

Jalan-jalan ke Kota Kembang sepertinya belum pas kalau belum mampir ke wisata industrialnya. Terkenal dengan kota dengan sejuta kuliner tentu membuat kota Bandung banyak diminati wisatawan baik dalam negeri maupun luar negeri.

Hal ini dibuktikan dengan banyaknya pabrik-pabrik yang berdiri di kota pariwisata ini. Pabrik-pabrik ini selain menjadi pusat pembuatan makanan dan pariwisata, juga sebagai pusat edukasi bagi masyarakat. Tak terkecuali pabrik yang satu ini, yaitu pabrik Tahu Yun Yi yang telah berdiri sejak tahun 1940 di Jalan Jendral Sudirman No. 229 Kota Bandung.

Pabrik Yun Yi didirikan dan dirintis oleh Liauw Hon Tjan di Bandung. Sejak didirikan pabrik mengalami beberapa perubahan, dimulai dari proses pembuatan tahu yang dahulu memakai alat  tradisional hingga berubah menjadi peralatan yang canggih. Perkembangan cabang pabrik Tahu Yun Yi pun semakin pesat di berbagai daerah.

“Dulu bapak bawa resep pembuatan tahu dari cina, karena memang asli orang sana, kemudian beliau kembangkan hingga memiliki pabrik di Semarang, Bogor, Bekasi dan Bandung,” papar Wakil Manager Asep Riyadi di Bandung, beberapa waktu lalu..

Asep menambahkan bahwa kualitas menjadi andalan utama bagi Tahu Yun Yi. Sejak berdirinya BPOM Majelis Ulama Indonesia (MUI), Tahu Yun Yi pun berubah status menjadi Halal. Proses kehalalan tahu dilihat dari bahan, proses pembuatan, hingga alat yang digunakan harus bersertifikat halal juga.

“Tantangan juga sih ya sejak tahun 1980-an kita mulai halal, sampai sekarang pun kami juga masih terus menjaga konsistensi halal itu sendiri. Karena kan sertifikat halal juga ada kadaluarsanya. Tahun ini juga seperti nyusun skripsi, bahan untuk dipelajari tentang halal itu beratus lembar,” ujarnya.

Asep juga menerangkan bahwa usaha untuk mendapatkan sertifikat halal berdampak besar bagi perusahaannya. Keuntungan yang didapatkan berkisar  50% dari sebelumnya dan Tahu Yun Yi dianggap menjadi pelopor tahu halal pertama di Indonesia.

“Untuk konsumen kita selalu menjaga kualitas si tahu. Tahu hanya bisa tahan paling lama 5 hari di kulkas karena kita tidak menggunakan bahan pengawet. Itu pula yang membuat tekstur tahu lebih padat dan enak,” tambah Asep.

Banyaknya pengunjung yang datang dari berbagai kalangan, membuat toko ini telah membuka puluhan cabang toko diberbagai kota. Adapula yang penasaran tentang proses pembuatan tahu, akhirnya pabrik sering digunakan sebagai tempat kunjungan pariwisata edukasi.

“Kebanyakan pengunjung yang datang ke pabrik itu anak-anak. Usia TK sampai SD. Mereka tour dan belajar bagaimana membuat tahu. Pabrik dibuka sampai hari Jumat untuk umum dengan jam operasi 09.00 WIB-12.00 WIB,” lanjutnya.

Ketika ditanya tentang tiket yang harus dibayar ke pabrik, Asep mengatakan bahwa mereka tidak menjual tiket, hanya saja para pengunjung wajib berbelanja oleh-oleh tahu atau olahannya yang disediakan oleh pihak toko yang berada di depan pabrik Tahu Yun YI.

“Nggak matokin tiket kaya wisata lain yah, karena buat wadah edukasi juga ya paling kita biayanya buat berbelanja di toko. Toko juga ngga besar, bukan seperti kafe. Karena kan untuk menjual tahu. Paling kita sediain beberapa menu olahan tahu untuk makan atau minum di tempat seperti tahu goreng, batagor kuah atau kering, susu kedelai, sambil menunggu pesanan datang,” lanjut Asep.

Asep mengatakan bahwa olahan Tahu Yun Yi juga dikelola dalam divisi khusus yang juga terjamin kehalalannya. Wah, ternyata tahu bisa diolah dalam berbagai bentuk olahan makanan dan juga minuman.

Untuk anda yang penasaran ingin memesan Tahu Yun Yi dengan harga 3000/pcs ini, bisa langsung datang ke jalan Jendral Sudirman No. 299. Desain toko nya pun sangat khas oriental merah dengan tulisan Tahu Yun Yi di pintu masuk tokonya. Jadi jangan khawatir tersesat yah. Untuk mencapai lokasi ini pun hanya berkisar 10 menit dari Mesjid Alun-Alun Kota Bandung.  

Pidato Prabowo disebut klise, BPN samakan Prabowo dengan Bung Karno
Amerika Serikat rugi Rp38 triliun
Sempat ditolak, Prabowo akhirnya shalat jumat
Kedengkian terhadap mantan picu impotensi
TKN: Jokowi sudah persiapkan jurus hadapi debat kedua
PSI minta kubu Prabowo klarifikasi soal tudingan Jokowi pakai konsultan asing
Kubu Jokowi nilai Prabowo cari panggung
TKN nilai tak masalah menteri bantu Jokowi susun materi debat
Simulasi Prabowo menang di 12 daerah dinilai hanya kipasan angin surga
Aktivis lingkungan nilai Jokowi komitmen kelola SDA untuk rakyat
Gubernur Enembe tak bersalah, warga Papua desak KPK minta maaf
PSI nilai manuver politik oposisi soal tudingan konsultan asing terlalu bodoh
Kubu Jokowi: Kemenangan di Jawa Barat jadi barometer suara nasional
 Tuduh pakai konsultan asing, PSI tuding oposisi yang sengaja hancurkan citra Jokowi
Prabowo sebut harga beras dan daging RI tertinggi, Kubu Jokowi: Jangan bohong lagi!
Fetching news ...